20 Des 2022

Implementasi Game Edukasi Taman Nasional Baluran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa


 

Judul Asli: 

Implementation of Serious Games Inspired by Baluran National Park to Improve Students’ Critical Thinking Ability. 

Penerbit: 

Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII) Tahun 2016, Vol 5 No 1, Hal. 101-108.

Indeksasi: 

Scopus (Q2), SINTA 1, Google Scholar, DOAJ, Dimensions, ASEAN Citation Index


Abstrak (Bahasa Indonesia).

Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasikan Serious Game berbasis Taman Nasional Baluran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa. Subyek penelitian adalah 60 siswa SMP Negeri 1 Asembagus Kabupaten Situbondo. Sampel dibagi menjadi tiga kelompok. Dua kelompok dipilih sebagai kelas eksperimen dan satu kelompok lagi sebagai kelas kontrol. Kedua kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan permainan serius berbasis Taman Nasional Baluran. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pre-test, dan post-test. Serius game berbasis Taman Nasional Baluran efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa dalam mempelajari mata pelajaran IPA.



Abstrack (English)

The purpose of this study is to implement Baluran National Park-based Serious Game to enhance the students' creative thinking skill and motivation to learn. The subject of the study were 60 students of SMP Negeri 1 Asembagus, Situbondo regency. The sample was divided into three groups. Two groups were chosen as experimental classes and the other group as the control class. Both of the experimental groups were given treatment using serious game based on Baluran National Park. The instruments used were observation sheet, pre-test, and post-test. Baluran National Parks-based serious game was effective in improving the students' creative thinking skill and motivation to learn science subjects.


Bibliografi: 

Putra, P. D. A., Iqbal, M. (2016). Implementation of serious games inspired by baluran national park to improve students’ critical thinking ability. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5798.


DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5798 


Artikel ini diterbitkan pada jurnal open source, sehingga Anda dapat mendownload fulltext-nya secara gratis. Klik di sini untuk download fulltext.


Cek artikel ilmiah saya yang lain di sini.

this link is disabled 2016, 5(1), pp. 101–108

Tidak ada komentar:

Copyright by Iqbal Ali. Diberdayakan oleh Blogger.