22 Mar 2013

Pergantian Bulu Aves



Bulu burung terbentuk dari struktur tak hidup sehingga mudah kusut akibat oksidasi dan gesekan. Bulu-bulu yang telah lama akan lepas secara periodik dan digantikan oleh bulu yang baru. Pelepasan dan pergantian bulu ini disebut dengan molting. Pergantian bulu terjadi pada waktu tertentu dalam satu tahun dan diselesaikan dalam satu periode (selama beberapa minggu).

Umumnya burung mengalami pergantian bulu sekali dalam satu tahun, tetapi burung kolibri betina mengalami pergantian bulu sekali dalam dua tahun.Pergantian bulu biasanya terjadi sebelum atau sesudah perkembangbiakan. Namun ada juga yang mengalami pergantian bulu parsial oleh sebab tertentu. Pergantian bulu burung dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor fisiologis yaitu adanya hormon tiroksin.

Sempurnanya bulu setiap spesies burung sejak menetas sampai dewasa berbeda-beda. Ada beberapa spesies burung yang pada saat menetas telanjang /tidak memiliki bulu. Bulu pada saat menetas disebut dengan natal plumage. Sebagian besar spesies burung memiliki jumlah bulu bervariasi pada saat menetas, hanya beberapa deret bulu pada spesies altrical (misalnya merpati) atau seluruh tubuh tertutup bulu pada burung precocial muda (misal ayam). Bulu saat menetas akan rontok dan diganti yang baru, sebagai berikut:

  • Juvenal plumage (bulu anak burung), lebih substansial dari natal plumage. Pada burung passerine hanya bertahan beberapa minggu lalu rontok dan diganti bulu first winter plumage.
  • First winter plumage (bulu ketika berusia satu tahun), diperoleh pada akhir musim panas atau musim gugur dan bertahan selama 12 bulan, tergantung dari spesiesnya.
  • First nuptial plumage (bulu kawin pertama), bulu perkembangbiakan pertama yang akan rontok sebagai akibat pergantian bulu setelah masa kawin pertama.
  • Second winter plumage (bulu tahun kedua), dapat dibedakan dengan bulu dewasa pada musim dingin kecuali spesies yang memperoleh bulu dewasa pada tahun pertama atau lebih dari dua tahun. Bulu ini akan diganti oleh bulu masa kawin kedua pada musim semi berikutnya.

 Warna bulu burung jantan dan betina dari sejumlah spesies adalah identik tetapi masih dapat dibedakan karena secara mayoritas warna bulu burung jantan lebih cerah terutama bulu masa kawin. Namun pada pejantan itik tertentu, setelah musim bersarang, hasil pergantian bulu setelah kawin, warna bulunya menjadi pudar abu-abu kemerahan dan bulu sayapnya lepas sehingga untuk sementara tidak dapat terbang. Oleh karenanya, itik jantan ketika masa ini menjadi tidak menarik.

Artikel terkait bulu pada kelas aves:

5 komentar:

Ini Tentang Aku mengatakan...

istilah "molting" trnyta bisa untuk aves ya..
selama ini setahu ku istilah itu u/ golongan reptil..

Iqbal Ali | @iqbalbio mengatakan...

heee, iyya dong. molting adalah istilah umum untuk regenari penutup tubuh (sisik, bulu, rambut). hehe semoga menginspirasi.

Ini Tentang Aku mengatakan...

sipp...
buat posting ttg artikel ilmiah yg bnyk pak,
sapa tau bs jd referensi bt murid2 ku ntar..:)

Iqbal Ali | @iqbalbio mengatakan...

hehhee, iki kan masih postingan ane yg dulu je, tak pindahin satu persatu ke blogger dri wordpress, doakan segera rampung, biar bisa ngapload artkel2 baru yg udah disiapkan, hehehe

Ini Tentang Aku mengatakan...

Ohh,, ini msh dlm rangka "boyongan" to.. Lha emang gk prnh brkunjung ke blog pean yg wordpress se, jd gak ngerti.. hehe

ukeee...
ditunggu dahh karya terbarunya..

Jgn lupa silaturahmi k blog ku juga ya..
#promosi :p

Copyright by Iqbal Ali. Diberdayakan oleh Blogger.